5 Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan Beserta Amalan-Amalannya

19 Aug 2021

Ada banyak sekali keutamaan 10 hari terakhir ramadhan yang bisa didapatkan oleh umat islam. Bulan Ramadhan berjalan begitu cepat, hingga mau memasuki 10 hari terakhir. Di 10 hari terakhir ini ada beragan keutamaannya. 

Salah satunya di malam itu tempat turunnya malam Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Lailatul qadar merupakan malam turunnya Al Quran dari Lauful Mahfudz ke Baitul Izzah dunia. Berikut ini ada beragam keutamaannya:

Bertadarus Al Quran

Pada saat bulan Ramadhan tiba, umat islam sangat dianjurkan untuk membaca Al Quran atau tadarus Al Quran. Apalagi keutamaan 10 hari terakhir ramadhan merupakan malam terakhir yang disebut dengan malam Lailatul Qadar. 

Bahkan hal ini tercantum dalam hadits Riwayat At-Tirmidzi yang berkata barang siapa yang membaca 1 huruf dari Kitabullah atau Al Quran maka akan mendapatkan 1 kebaikan. Sedangkan 1 kebaikan bisa dilipatgandakan kembali menjadi sepuluh.

Misalnya seperti alif lam mim bukan satu huruf melainkan ada 3 huruf. Jadi kalau dipisahkan ada alif 1 huruf, lam 1 huruf dan mim 1 huruf. Sehingga keutamaan 10 hari terakhir ramadhan yang didapatkan bisa menjadi banyak.

Melakukan Iktikaf

Demi menyambut kedatangan 10 hari terakhir ramadhan, umat islam disunahkan melakukan iktikaf. Iktikaf merupakan salah satu keutamaan 10 hari terakhir ramadhan yang bisa dilakukan oleh umat islam. Perlu diketahui iktikaf yang dimaksudkan adalah berdiam diri di Masjid dan leih mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Karena sifatnya yang sunah, iktikaf bisa dilakukan dan bisa juga tidak dilakukan. Hal ini tergantung setiap orangnya saja jika mau melakukan akan mendapatkan pahala. Sedangkan jika tidak dilakukan tidak akan mendapatkan dosa. 

Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda berkata dalam beritikaf bisa dilakukan pada 10 hari pada awal ramadhan. Kemudian dilanjutkan pada 10 hari terakhir ulan ramadhan, lalu Jibril datang dan memberikan malam kemuliaan ada di 10 hari terakhir ramadhan. 

Begitu banyak keutamaan 10 hari terakhir ramadhan yang bisa diraih oleh umat islam. Bahkan barang siapa yang ingin beritikaf, maka beritikaflah. Niscaya umat islam akan menemukan malam yang lebih baik dari 1000 bulan. 

Memperbanyak Doa

Berdoa merupakan salah satu cara bagi umatnya untuk lebih mendekatkan diri kepada allah. Keutamaan 10 hari terakhir ramadhan ini bisa didapatkan dengan mudah. Caranya anda cukup meminta keinginan yang diinginkan pada saat berdoa kepada Allah SWT. 

Hal ini juga diperintahkan oleh Rasulullah SAW yang mengingatkan Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam itu. Aisyah pun berkata apa yang harus ku ucapkan saat menemukan malam itu. Dan Nabi menjawab ya allah, sesungguhnya engkau ma pemaaf menciai kemaafan maka maafkanlah aku. 

Memperbanyak Salat Malam. 

Selain melakukan salat 5 waktu, umat islam tetap diperbolehkan melakukan salat malam. Contohnya seperti salat tarawih dan salat tahajud. Salat tarawih bisa dilakukan setelah melakukan salat isya, untuk rakaatnya sendiri memang berbeda-beda. Bahkan hal ini tercatat dalam HR. Muslim yang berkata salat terbaik adalah salat malam. 

 

Menjalankan perintah Allah SWT merupakan hal wajib yang harus dilakukan setiap umatnya. Pada bulan ramadhan, banyak umat berbondong-bondong dalam mencari kebaikan. Tak heran, ada banyak sekali hal amalan yang bisa didapatkan menjelang akhir bulan Ramadhan. Baik itu amalan pendek hingga amalan yang banyak.