5 Kedudukan Seorang Ibu Yang Memiliki Keutamaan Tertinggi

30 Dec 2018

Berbakti kepada kedua orang tua adalah hal yang penting dan masuk dalam kategori wajib. Terutama kedudukan seorang ibu yang tentu semua tahu sangatlah mulia. Semua itu didukung oleh hadis yang telah diriwayatkan. Berikut 5 hal yang membuktikan kedudukan seorang ibu yang memiliki keutamaan tertinggi:

1. Ibu Lebih Diutamakan Lebih Dulu Baru Ayah

Kedudukan seorang ibu yang memiliki keutamaan tertinggi karena untuk ibu ada 3 kali bagian dari yang didapatkan ayah. Hal ini karena kesulitan yang dirasakan ibu ketika hamil, bahkan nyawa taruhannya. Penderitaannya tidak berkurang ketika ia melahirkan. Kemudian cobaan yang ia alami mulai dari masa menyusui hingga anaknya besar dan bisa mengurus diri sendiri, yang hanya dirasakan oleh ibu.

2. Allah Berwasiat 3x Untuk Berbuat Baik Kepada Ibu Dulu Baru Yang Lainnya

Dimana tuhan berwasiat 3 kali, yang pertama berbuat baik kepada ibu, baru ayah dan kerabat paling dekat. Nama ibu jelas disebut pertama dan sampai 3x, melebihi seorang ayah. Kedudukan seorang ibu yang memiliki keutamaan tertinggi jelas terlihat.

3. Pahala Berbakti Kepada Ibu Sangat Besar

Selanjutnya menunjukkan bahwa pahala berbakti kepada orang tua terutama kepada ibu itu sangat besar. Sehingga saat tidak sengaja membunuh seseorang akan diimbangi dengan pahala mengutamakan seorang ibu dan akhirnya dosa hilang tanpa bekas sedikitpun. Kedudukan seorang ibu yang memiliki keutamaan tertinggi karena itu bakti terhadap ibu dapat menghilangkan dosa.

4. Bakti Uwais Ke Ibunya Membuat Terkabulnya Doa

Kisah Uwais Al Qorni ini menjelaskan kedudukan seorang ibu yang memiliki keutamaan tertinggi berikutnya. Dimana sampai sahabat nabi seperti Umar bin Khathab radghiallahu’anhu diperintahkan untuk menemui Uwais. Karena begitu hebatnya birrul walidain Uwais terhadap ibunya.

5. Panggilan Ibu Lebih Utama Dari Pada Sholat Sunah

Mengenai kisah Juraij saat Juraji sedang sholat sunah, ibunya memanggil. Karena Juraji berfikir sholat sunah lebih penting, sehingga Juraji tidak menanggapi penggilan ibunya. Akhirnya ibunya mendoakan keburukan padanya dan terkabul. Disini jelas menerangkan bahwa di mata tuhan Kedudukan seorang ibu yang memiliki keutamaan tertinggi diatas apapun itu.

Itulah 5 hal yang membuktikan kedudukan seorang ibu yang memiliki keutamaan tertinggi. Tentunya bukan berarti karena ibu lebih utama jadi melupakan keberadaan seorang ayah. Karena intinya orang tua wajib diutamakan.

 


ibu