5 Contoh Sederhana Berbakti Kepada Orang Tua

18 Jul 2022

Dalam beberapa ayat Al-Qur'an dan hadist, Allah SWT telah menegaskan bahwasannya berbakti kepada orang tua merupakan hal utama yang wajib dilakukan oleh setiap anak. Hal itu karena kedua orang tualah yang membuat kita bisa lahir dan berada di dunia ini. 

 

Berbakti kepada kedua orang tua juga akan membuat kita dilimpahkan kenikmatan surga dan ridha Allah SWT, karena ridha Allah SWT terletak pada ridha orang tua. Oleh karena itu, berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu amalan yang paling disukai oleh Allah SWT.

 

Hal-hal Sederhana Yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Bentuk Berbakti Kepada Orang Tua

 

Berbakti kepada orang tua tidak selalu berkaitan dengan kemewahan. Kita bisa memulainya dari hal-hal sederna dalam kegiatan sehari-hari, karena inti dari berbakti kepada kedua orang tua adalah memastikan mereka mendapatkan kebahagiaan, kenyamanan, dan penghargaan dari kita sebagai anak. 

 

Berikut ini adalah beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan:

 

  1. Bertutur Kata Lemah Lembut

Mulailah dengan berbicara lemah lembut dihadapan orang tua. Jangan sampai mengucapkan kata-kata kasar dan bernada tinggi yang bisa menyakiti perasaan orang tua. Apabila kita bisa berkata-kata baik kepada orang lain untuk menghargai mereka, maka kita juga harus senantiasa bertutur baik di depan orang tua yang telah merawat kita sejak kecil. 

 

  1. Berusaha Untuk Membantu Orang Tua

Selain bertutur kata yang baik, hal yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan orang tua adalah dengan membantu meringankan beban mereka. Mulai dari hal sederhana seperti membantu pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel lantai atau mencuci piring. Walaupun yang kita lakukan hanya hal-hal kecil, tetapi hal tersebut akan membuat orang tua merasa bahagia. 

 

  1. Bersikap Sabar Dan Sopan

Pasti, kamu pernah mendengar bahwasannya semakin bertambah usia, orang tua akan semakin sensitif. Dalam keadaan seperti ini, anak sebaiknya tetap bersabar menghadapi orang tua karena bagaimana pun sifat itu terjadi karena hormon dan kondisi kesehatan orang tua yang sudah tidak muda lagi. 

 

Jangan lupa juga untuk bersikap sopan dan santun kepada orang tua, seperti mengucapkan salam dan mencium kedua tangan mereka serta hindari perilaku kasar yang bisa membuat orang tua tersakiti dan sedih. Selalu ingat, bahwasannya dengan berbakti kepada orang tua kita akan selalu dilimpahkan pahala dan kebahagiaan oleh Allah SWT. 

 

  1. Memberikan Hadiah-hadiah Kecil

Hal keempat yang bisa kamu lakukan adalah memberikan hadiah-hadiah kecil kepada orang tua. Hadiah ini bisa berupa makanan favorit orang tua, barang-barang sederhana yang mereka perlukan, atau mengajak orang tua pergi wisata atau pun makan di restauran. Walaupun sederhana, perhatian-perhatian kecil seperti ini akan membuatmu orang tua merasa dicintai dan tidak kesepian. 

 

  1. Doakan Hal Baik Untuk Orang Tua

Salah satu amalan yang tidak akan pernah terputus walaupun sudah meninggal adalah do'a anak yang sholeh. Jika kedua orang tua telah meninggalkan kita lebih dulu, salah satu bentuk berbakti kepada orang tua yang bisa kita lakukan adalah mendoakan kebaikan dan pengampunan Allah SWT, karena setiap doa yang kita sampaikan akan menjadi kebaikan untuk kedua orang tua. 

 

Di atas merupakan bentuk-bentuk sederhana berbakti kepada orang tua yang bisa kita terapkan  dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan kamu melakukannya mulai hari ini, jangan sampai kita menyesali apa yang tidak kita lakukan saat orang tua masih ada di samping kita, karena bagaimanapun ini adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan.