5 Amalan Ramadan di Rumah Aja

04 May 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Pandemi covid-19 memang mengharuskan seluruh masyarakat di muka bumi untuk di rumah saja, terlebih saat Ramadan yang berbeda dari biasanya masyarakat diimbau untuk beribadah dari rumah. Namun, saat Ramadan dan beribadah di rumah saja bukan berarti kita juga meninggalkan amalan-amalan yang seharusnya dilakukan. Yuk, simak amalan-amalan yang dapat dilakukan di rumah agar senantiasa mendapat ridho-Nya.

1 Puasa Ramadan

Ibadah yang satu ini hukumnya wajib dilaksanakan walaupun di rumah saja untuk setiap insan yang beragama Islam dan baligh. Amalan ini merupakan amalan penebus dosa dan segala doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

2. Shalat Tarawih

Shalat yang identik dengan bulan Ramadan, merupakan salah satu keutaman di bulan yang suci ini. Shalat tarawih dapat dilakukan secara berjamaah maupun sendiri-sendiri.

3. Tadarus

Di masa pandemi ini Anda dapat melakukan tadarus dengan anggota keluarga untuk menambah kehangatan dalam rumah. Menambah hafalan-hafalan Qur’an juga dapat dilakukan sebagai amalan di bulan Ramadan.

4. Berzakat

Kecanggihan teknologi membuat berzakat dapat dilakukan dimana saja. Telah banyak lembaga-lembaga terpercaya sebagai penyalur zakat, Anda dapat menggunakan itu sebagai opsi untuk zakat kali i

5. Berzikir dan Berdoa

Berzikir sangat dianjurkan pada bulan Ramadan. Zikir dapat mendekatkan diri dengan Allah SWT. Isi hari-hari Anda di bulan Ramadan dengan berzikir dan berdoa, apalagi pada bulan Ramadan terdapat malam Lailatul Qadr atau malam seribu bulan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk beribadah selama Ramadan di rumah saja. Aamiin ya rabbal alamiin...