4 Amalan Kunci Meraih Pahala Di Bulan Ramadhan

22 May 2019

Marhaban Yaa Ramadhan, bulan suci Ramadhan yang penuh berkah telah tiba. Bergembira dan bersyukur dengan datangnya bulan Ramadhan adalah salah satu tanda keimanan seseorang. Salah satu dari kewujudan cinta seseorang kepada bulan Ramadhan adalah dengan melakukan amalan-amalan sholih untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. 

Ada banyak sekali amalan sholih yang dapat mendatangkan pahala yang sangat banyak dan berlipat ganda di bulan suci Ramadhan, karena sejatinya pada bulan Ramadgan yang diberkahi Allah SWT ini semua amalan-amalan baik yang dikerjakan dengan iman dan hanya untuk Allah semata maka pahalanya akan dilipat gandakan berratus-ratus kali.

Namun tidak banyak orang yang mengetahui tentang amalan sunnah di bulan Ramadhan yang membuat produktifitas kita menurun. Oleh sebab itulah kita akan menjelaskan runtutan amalan-amalan sunnah pada bulan Ramadhan sesuai dengan waktu secara singkat agar produktifitas dan keimanan kita di bulan Ramadhan meningkat.

Tidur dan bangun tepat waktu

mungkin terdengar mudah dilakukan, namun tidak banyak orang yang mengeluh tidak bisa tidur karena sebab yang beragam. Normalnya jika kita tidur pada jam 10 malam maka kita akan bangun antara jam 3 dan jam 4. dan usahakan sebelum tidur membaca surat-surat pendek seperti surat Al-Iklas 3 kali, Ayat kursi, istigfar 3 kali dan Al-Mulk, sebagai mana yang telah Allah dan Rasulullah ajarkan. Keutamaan membaca surat Al-Iklas 3 kali adalah sama dengan mengatamkan Al-Quran, dan membaca surat Al-Mulk setiap sebelum tidur akan allah jadikan kuburnya kelak sebagai taman dari taman surga. Dan saat bangun ucapkan hamdala dan bersyukur kepada Allah Ta’ala, dan mengerjakan shalat malam.  Jika dikerjakan pada bulan Ramadhan akan dilipat gandakan menjadi ratusan kali pahalanya.

Sholat subuh berjamaah

Tidur diawal waktu antara jam 9 atau 10 malam seperti yang Nabi Muhammad anjurkan, maka kita akan dengan mudah bangun di pertengahan malam untuk melakukan shalat Tahajud dan dilanjutkan dengan menunggu shalat subuh berjamaah di masjid. Bagi laki-laki, Allah telah menganjurkan untuk mengerjakan shalat lima waktu dengan berjamaah di masjid. Karena Allah SWT telah menyiapkan pahala yang istimewa dibalik shalat lima waktu, sabda Rasulullah kepada Ali: 

“Wahai Ali: hendaklah kamu shalat berjamaah, karena (balasannya) disisi Allah bagaikan orang yang melakukan ibadah Haji dan Umrah. Dan orang-orang yang semangat berjamaah adalah orang mu,min yang sangat disukai Allah, sedangkan orang yang malas berjamaah adalah orang munafiqyang sangat dibenci Allah

Usahakan sebelum mengerjakan shalat subuh berjamaah, ada kalanya mengerjakan shalat sunnah 2 rakaat sebelum subuh karena pahalanya seperti dunia dengan seisinya.

Membaca Al-Quran

Saat bulan Ramadhan adalah bulan yang pas untuk memanen pahala sebanyak-banyaknya, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca Al-Quran setelah subuh ataupun setelah magrib. Pada bulan suci Ramadhan inisatu kebaikan dan amalan-amalan yang dilakukan akan dilipatgandakan 10 hingga 700 kali lipat, dan banyangkan berapa banyak pahala yang akan kita dapatkan jika membaca Al-Quran,

Bersedekah 

Nah yang terakhir ini adalah yang palingmudah dilakukan dan banyak sekali cara untuk melakukannya. Bisa mulai dari memberi sedekah di masjid-masjid di pinggir jalan, karena pada jam buka maka akan banyak masjid-masjid pinggir jalan yang menyejiakan takjil gratis untuk mereka yang sedang berpergian. Ataupun bisa dengan meng infaqkannya pada tadarus malam masjid-masjid dekat rumah Anda. Allah SWT telah menyiapkan surga istimewa untuk orang-orang yang gemar bersedekah dengan mengharapkan ridonya Allah, pada bulan Ramadhan maka semua amalan akan dlipat gandakan.