3 Pilar Ilmu yang Wajib Dipelajari Sebagai Muslim

26 Mar 2020
Sumber Foto: www.aimislam.com

Kita semua pasti tahu ungkapan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” mulai dari guru, mentor, atau masyarakat umum sudah sering untuk menggunakan ungkapan ini ketika membahas tentang ilmu. Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya untuk menuntut ilmu dimanapun kita berada. Lantas, apa saja pilar-pilar ilmu yang wajib dipelajari oleh seorang Muslim? Yuk, simak!

1. Ilmu yang menjadikan sahnya ibadah kepada Allah atau yang kerap dikenal sebagai ilmu fiqih. Ilmu ini membahas tentang bagaimana semestinya seorang muslim beribadah kepadaNya. Misal, ilmu tentang mempelajari sahnya shalat, ilmu yang mempelajari tentang cara bersuci, melaksanakan zakat, dan lain sebagainya. Apabila seorang muslim melaksanakan ibadah tidak didasari oleh ilmu ini maka ibadahnya dapat dikatakan tidak sah. Sebagaimana telah disebutkan Ibnu Ruslan dalam kita Zubad :

Setiap orang yang beramal tanpa ilmu. Maka amalanya tertolak, tidak diterima”

2. Ilmu yang menjadikan aqidah atau kepercayaan seseorang menjadi benar sesuai dengan aqidah yang dianut oleh para ulama. Mempelajari ilmu yang satu ini sekaligus memahaminya, maka seseorang akan terjaga dari aqidah-aqidah yang melenceng dari ajaran agama Islam.

3. Ilmu yang menjadikan hati bersih serta terhindar dari berbagai macam akhlak jelek seperti riya, sombong, iri, dan dengki serta hal-hal yang tidak terpuji lainnya. Ilmu ini wajib dipelajari oleh setiap muslim karena perilaku manusia tidak hanya yang dilakukan oleh fisiknya namun juga secara batinnya. Perilaku yang terpuji adalah cerminan hati yang bersih pula.

Ilmu-ilmu di atas baiknya diajarkan pada anak-anak sejak usia dini dan tidak salahnya untuk mengajarkannya ketika duduk di bangku sekolah sebelum akil baligh. Ilmu yang telah dijelaskan di atas sudah semestinya menjadi perhatian bagi tiap-tiap orang muslim. Wallahu’alam.