3 Menu Berbuka Puasa yang Mudah Dibuat Di Rumah

15 May 2019

Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan safaat telah datang, bagi siapa saja yang bersuka cita dengan datangnya bulan  Ramadhan maka akan mendapat pahala dan safaat dari Allah SWT. Hanya di bulan Ramadhan saja yang pahala setiap amalannya akan dilipat gandakan sebanyak 10 hingga ratusan kali lipat loh. Bulan Ramadhan juga sangat cocok untuk kamu yang ingin memanen pahala dari bulan istimewa ini salah satunya adalah mengerjakan ibadah-ibadah seperti membaca Al-Quran, zakat, sedekah dan yang paling wajib dikerjakan adalah mengerjakan ibadah puasa.

Namun pernah tidak Anda terlalu sibuk dan sampai-sampai lupa menyiapkan makanan untuk buka puasa nanti. Padahal, saat waktu berbuka puasa tiba Anda harus menyiapkan makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi yang mampu mengembalikan dan memulihkan energi dan cairan yang hilang setelah seharian berpuasa. Tidak perluh takut ribet dan susah saat membuat menu buka yang bergizi dan menyehatkan, inilah 3 menu berbuka puasa kaya gizi dan nutrisi yang mudah dibuat di rumah.

Salad Buah dan Sayur

Buah dan sayur memang menjadi makanan yang paling pas untuk dijadikan menu berbuka puasa. Apalagi pada buah-buah yang manis dan mengandung banyak sekali cairan. Tidak hanya lezat saat dikunyah, tetapi juga sekaligus mampu meredahkan haus dan dehidrasi selama berpuasa. Banyak sekalli jenis buah-buahan yang dapat disulap menjadi makanan berbuka puasa seperti buah semangka, nanas, mangga, melon, kiwi dan stroberi. Cara membuatnya pun cukup mudah yakni dengan memotong-motong daging buah menjadi kecil-kecil agar mudah saat dimakan dan tempatkan pada wadah atau mangkuk. Kemudian campurkan madu atau mayonaise dan tambahkan rasa lainnya yang Anda suka.

Nasi Pecel

Memang pada saat berbuka ada kalanya memakan makanan manis dan ringan dulu, tetapi tidak ada salahnya bukan saat berbuka dengan nasi pecel buatan sendiri hmm pasti enak yaa. Selain rasanya yang nikmat, nasi pecel juga kaya akan gizi dan protein yang mampu membuat tubuh lebih bersemangat dan bertenaga setelah seharian menahan makan dan minum. Untuk membuatnya Anda sudah tidak perluh lagi repot-repot membuat bumbu pecel yang agak ribet, tetapi Anda bisa dengan membelinya di beberapa toko makanan. Rebus sayuran seperti bayam, sawi, kacang panjang dan touge, siram nasi dan sayuran dengan bumbu pecel yang nikmat.

Roti Sandwich

Nah selain salad dan nasi pecel, yang satu ini lebih mudah dibuat dan praktis dibawa kemanapun dan kapanpun. Jika saat mau berbuka namun masih terjebak macet, nah Sandwich lah solusinya. Dari segi rasa Sandwich sudah tidak diragukan lagi, dari segi gizi sudah pasti Sandwich juga sangat kaya akan protein dan berbagai vitamin karena terdiri dari berbagai sayuran dan roti. Membuatnya pun cukup mudah, siapkan roti beberapa lembar, tomat, keju, mayonaise, telur, daun selada dan tambakan sayuran kesukaan Anda lainnya. Sandwich pun siap disantap untuk buka puasa.