10 Tanaman Herbal Dalam Islam

31 Dec 2019

Sobat Atlas, tahukah kamu bahwa Al-Quran mengatakan ada 10 tanaman herbal yang bisa dikonsumsi untuk menjadi obat penangkal berbagai macam penyakit? Tumbuhan obat dalam Islam itu benar-benar manjur dan disarankan Nabi Muhammad Saw sebagai sebuah resep. Tanaman herbal ini sangatlah mudah Sobat temui di tempat-tempat Sobat sekarang ini karena kecanggihan teknologi yang serba cepat ini. Nah, berikut adalah daftar 10 tanaman herbal dalam Islam yang bisa menjadi obat.

Madu

Siapa yang tidak pernah merasakan manisnya madu? Yup, hampir semua orang pernah merasakannya, bukan? Tahukah Sobat bahwa madu adalah salah satu makanan dan tanaman herbal yang disebutkan dalam Al-Quran kandungan dan khasiat di dalamnya? Madu dikenal sebagai bahan untuk kesehatan dan kecantikan. Cairan lebah atau tawon ini berfungsi sebagai antibakteri, kesehatan mulut, menyembuhkan penyakit lambung, dan jantung. Sobat bisa mengkonsumsi madu setidaknya 1-2 sendok setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh sobat.

Minyak Zaitun

Selain madu, ada lagi tanaman herbal yang disebutkan di dalam Al Quran yakni minyak zaitun. Minyak zaitun adalah tanaman herbal islami yang disebutkan dalam Al Quran, yaitu Surat At Tin, An Nur ayat 35 dan Surat Al Mu’minuun ayat 20. Bahkan tumbuhan minyak zaitun sendiri tumbuh subur di tanah tempat tinggal para Nabi, area terbuka yang tidak terhalang dari sinar matahari. Kandungannya sangat kaya akan vitamin A, B, dan C, serta sejumlah gizi lainnya yang baik untuk kesehatan.

Jintan

Mungkin sebagian dari sobat mengenalnya sebagai Habatusauda atau jintan hitam. Yup, obat herbal ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, mulai dari menguatkan sistem kekebalan, meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan, menetralkan racun dalam tubuh, mengatasi gangguan tidur dan stres. Sobat bisa mengkonsumsi rutin herbal alami jintan ini karena tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi terus menerus.

Anggur

Siapa sangka ternyata buah yang satu ini masuk di dalam tanaman herbal yang ada di dalam Al-Quran. Buah anggur tercantum dalam Al Quran QS Al Kahfi ayat 32, Al Isra  ayat 91, QS An Nahl ayat 11, QS Abasa 27-29. Buah yang memilih bentuk bulat dan biasa berwarna merah dan ungu ini ternyata memiliki sejuta manfaat untuk tubuh kita sob. Manfaatnya antara lain yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, sumber energi, mengatasi gangguan pembuluh darah, anggur berlimpah senyawa antikanker, dan masih banyak yang lainnya. 

Kurma

Selain buah anggur, ada juga buah yang terkenal dengan kemanisannya dan khasiat di dalamnya, buah ini adalah buah kurma. Kurma disebutkan dalam Al quran QS Maryam ayat 25-26 dan hadis riwayat Ahmad dan Tirmidzi. Rasulullah Muhammad Saw pernah bersabda: “Kalau salah satu di antara kalian berpuasa, berbukalah dengan kurma. Bila tidak ada, berbuka dengan air, sesungguhnya air itu bersih.”

Banyaknya manfaat dalam kurma, membuat buah yang satu ini sangat baik untuk dijadikan makanan sekaligus sebagai obat penangkal berbagai macam penyakit pencernaan hingga penyakit daya tahan tubuh.

Semangka

Buah dengan bentuk kulit hijau bulat besar dengan daging berwarna merah ini ternyata juga termasuk di dalam tanaman herbal yang ada di dalam Al-Quran. Buah yang bisa dijumpai di Indonesia dari Sabang hingga Merauke ini juga ternyata pernah dimakan Rasulullah Muhammad Saw. Ia bersabda, “Panasnya buah semangka kita seimbangkan dengan dinginnya buah kurma.” Itulah mengapa, sobat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Sobat bisa konsumsi buah yang satu ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan khasiatnya.

Labu

Buah yang satu ini juga memiliki bentuk yang besar layaknya semangka nih, Sob. Namun di balik bentuknya yang besar ini, labu menyimpan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Diriwayatkan Anas bin Malik, Nabi Muhammad pernah bersabda: “Sesungguhnya labu bisa mengobati hati yang sedih.” Sabda nabi tak pernah salah. Labu ternyata mengandung sederet manfaat luar biasa, seperti betakarotein, vitamin A, C, serat, mineral, lemak, dan karbohidrat.

Lidah buaya

Utsman Bin Affan berkata, “Rasulullah Saw pernah menemukan seorang laki-laki mengeluhkan kedua matanya ketika sedang ihram. Nabi berkata, “Balutlah kedua matamu dengan Aloevera.” (Hadits Riwayat Muslim). Manfaat dari tanaman herbal yang satu ini cukup banyak, mulai dari kecantikkan hingga kesehatan. Kegunaan dari lidah buaya sendiri biasanya untuk menyuburkan rambut hingga menyembuhkan kulit terbakar.

Delima

Buah yang satu ini memang sudah terkenal dengan kandungan di dalamnya. Buah yang tumbuh subur di Benua Asia ini ternyata menjadi salah satu buah yang ada di dalam AL-Quran. Buah delima disebut dalam Al Quran Surat Al An’aam ayat 99, Ar Rahman ayat 68, dan hadis riwayat Ahmad. Nabi bersabda, “Makanlah delima dengan kulitnya, karena bisa membersihkan lambung.”

Nah, itulah 10 buah dan tanaman herbal yang ada di dalam Al-Quran dan Hadits. Sobat bisa mengonsumsi secara rutin 10 tanaman herbal di atas untuk mendapatkan khasiat dan keutamaannya. Selamat mencoba, Sob!